Selasa, 07 September 2010

Persiapkan Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan

Foto dari http://ducatimonster.wordpress.com
Bandung, 7 September 2010 Hari Idul Fitri semakin dekat saatnya mempersiapkan kendaraan kita untuk melakukan mudik bagi yang mudik. Mempersiapkan kendaraan hukumnya wajib bagi yang ingin kendaraannya selalu nyaman jika digunakan baik itu bagi yang sering melakukan perjalanan jauh maupun bagi yang menggunakan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari.

Apa saja sebenarnya yang harus diperiksa ketika kita akan menggunakan sepeda motor agar ketika melakukan perjalanan tidak ada masalah selama perjalanan, berikut ini akan di paparkan hal-hal yang perlu menjadi perhatian ketika akan bepergian.


Sistem Kelistrikan
Cek kabel-kabel yang ada pada motor anda pastikan tidak ada yang mengelupas sehingga konslet bisa terhindar, jangan lupa bawa juga sikring cadangan siapa tahu ketika perjalanan  sikringnya putus jadi bisa langsung pasang tanpa harus diakali.

Sistem Pemindah Tenaga
Yang paling mudah dilakukan disini adalah cek kondisi rantai dan roda gigi (gear), segera ganti jika roda gigi sudah runcing. Cek juga kerenggangan rantai usahakan kerenggangan berkisar antara 2-3 cm jangan lupa gunakan juga pelumas rantai (chain lube) untuk menghindari aus pada rantai dan memperpanjang usia rantai/

Sistem Penghenti Gerak 
Cek kondisi kanvas rem segera ganti jika kanvasnya sudah tipis, ingat sebagus apapun motor tanpa rem tak ada gunanya


Sistem Bahan Bakar
Bahak bakar merupakan sumber agar motor dapat bergerak, tanpa bahan bakar tentunya kendaraan kita tidak bisa kemana-mana karena itu sistem bahan bakar ini harus sangat diperhatikan. Pemeriksaan bisa dilakukan meliputi saluran   bahan bakar (selang) dan sistem pengkabutan bahan bakar (karburator)/ injektor bagi kendaraan yang sudah injeksi

Sistem Komunikasi
Sistem komunikasi di sini adalah sistem komunikasi antara pengendara dengan pengendara di sekitarnya. Sistem komunikasi yang dimaksudkan adalah lampu-lampu pemberitahuan diantaranya lampu utama bagi kendaraan di depan kita dan sebagai penerangan kita ketika malam; lampu sein sebagai media komunikasi ketika kita akan berpindah jalur, mendahului atau berbelok; dan lampu belakang sebagai isyarat kita akan berhenti dan sebagai pemberitahuan posisi kita ketika malam (lampu malam). Kesemua lampu ini harus berfungsi dengan baik dan warna lampunya harus sesuai seperti lampu rem harus merah, lampu sein harus kuning agar tidak mengganggu pengemudi yang lain.

Jangan lupa juga tetap jaga kondisi badan ketika bepergian, segera istirahat ketika lelah dan untuk perjalanan jauh setiap 2 Jam diusahakan istirahat selama 30 menit.

Semoga selamat sampai tujuan dan tetap Keep Safety Riding

MJ.com berhak menghapus komentar yang memicu permusuhan