Jumat, 27 Agustus 2010

Ganti Rem Tromol Belakang Karisma....

Bandung, 27 Agustus 2010 Karisma sebuah produk PT Astra Honda Motor yang saat diluncurkan merupakan sepeda motor yang terbaik di kelasnya. Di samping karena volume ruang bakar yang cukup besar untuk kelas bebek yaitu sebesar 125 cc karisma juga merupakan sepeda motor yang dalam konsumsi bahan bakarnya irit sehingga PT AHM sempat mengadakan perlombaan irit bahan bakar untuk sepeda motor ini.

MJ.com sedikit kaget ketika sedang berada di Ahass 0999 di PT DAM Jl. Cibeureum, disana terparkir sepeda motor karisma yang MJ.com kenal dengan register 001 KHAT Bandung milik Bro Tumpal dengan tampilan yang sedikit baru pada beberapa bagian. Kenapa MJ.com bilang sedikit baru, karena hanya pada beberapa bagian saja yang dirubah total sehingga menjadi tampak lebih cakep. Bagian itu adalah bagian roda belakang yang sudah berubah menjadi cakram pada sistem pengeremannya.

Karisma yang merupakan produk yang sudah tidak di produksi lagi oleh pihak Honda lagi, tetapi karena kemampuan kendaraannya yang baik menjadikan Karisma tetap dicari dan membuat para pengguna Karisma ini mencoba merubah penampilannya agar motor yang sudah diproduksi sejak tahun 2003 ini tetap enak dipandang dan enak dikendarai.

Salah satu cara agar motor Karisma ini tetap enak dipandang dan dikendarai adalah dengan merubah sistem pengereman belakang yang semula tromol menjadi cakram. Banyak cara untuk merubah sistem pengereman ini dari menggunakan barang-barang aftermarket hingga menggunakan part-part dari sepeda motor lain seperti suzuki satria. Namun perubahan dengan menggunakan barang-barang aftermarket atau part motor lain ini perlu perhitungan yang teliti karena jika salah akan mengakibatkan sistem pengereman menjadi tidak baik mulai dari tidak berfungsinya rem hingga piringan menjadi panas karena terus-terusan mengerem.

Cara termudah dan tanpa harus menghitung adalah dengan menggunakan part-part yang terdapat pada saudara dekat karisma yaitu supra x 125. Bagian-bagian yang harus diganti dapat langsung dipasangkan pada karisma tanpa harus membuat dudukan baru di karisma cukup diganti dengan part-part supra x 125 saja. Dijamin rem akan tetap berfungsi dengan baik tanpa ada kendala kalau menggunakan part-part supra x 125 ini dan tentunya tampilan karisma makin cakep aja..

Part-part yang diganti diantaranya pedal rem, swing arm, as standar tengah, step belakang (terutama yang kanan), serta satu set disk brake dijamin langsung masang deh plug n play istilahnya mah. Untuk foto-foto hasil setelah di rubah menggunakan part-part supra x 125 dapat di lihat di sini

MJ.com berhak menghapus komentar yang memicu permusuhan